Penggunaan Material MDF untuk Furniture Rumah

MDF atau papan serat dengan kepadatan menengah terbuat dari partikel kayu yang direkatkan dengan resin di bawah panas dan tekanan ekstrem. Produk ini telah menggantikan penggunaan kayu pada produk furnitur. Tidak sedikit orang beranggapan bahwa material ini bermutu rendah yang mudah patah atau lapuk saat terkena air. Meskipun ekonomis dan banyak digunakan, entah bagaimana material tersebut bisa mendapatkan reputasi sebagai bahan berkualitas rendah. Namun, bertentangan dengan hal tersebut, banyak pemilik rumah dengan furnitur MDF senang dengan kualitasnya. Maka dari itu pastinya memiliki kelebihan material MDF serta kekurangannya.

Berikut adalah beberapa Kelebihan Material MDF:

1. Apa itu Material MDF?

MDF adalah salah satu bahan inti paling serbaguna dan populer. Jadi pada dasarnya, material ini adalah partikel kayu kecil yang direkatkan dengan resin dan dikompresi pada suhu tinggi. Material ini lebih baik daripada kayu, karena tidak memiliki tanda bergaris atau noda. Tukang kayu merasa ini berkualitas rendah karena mereka tidak menggunakan alat khusus untuk mengerjakannya seperti yang digunakan oleh Jasa CNC Router Tangerang. Jika menggunakan alat tradisional akan menyebabkan material tersebut mudah pecah jika dikerjakan dengan kurang hati-hati. Selama bertahun-tahun, produsen telah mengembangkan bahan MDF menjadi produk yang jauh lebih unggul.

2. Material MDF Tahan Lembab

Bahan ini bukan yang terbaik dalam hal ketahanan terhadap kelembapan. Namun, teknologi AquaBloc membuat material ini tahan terhadap kelembapan. Selain itu, Material ini juga tidak digunakan untuk membuat tempat cuci piring atau ditempatkan di kamar mandi. Jadi, tidak mungkin air bisa sampai ke lemari misalkan atau perabotan lain. Dengan demikian, furnitur dirumah Anda akan tetap awet.

3. Mampu Menahan Beban Berat

MDF mampu menahan beban 50-60 Kg. Tidak ada satu lemari pun yang menampung pakaian seberat 50 Kg. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir mengenai seberapa berat beban yang dapat ditampung oleh MDF.

4. Apakah MDF ini Memiliki Kualitas yang Baik?

Saat ini, dengan kemajuan di bidang manufaktur dan teknologi, MDF kelas atas telah diproses menjadi material yang lebih tahan lama daripada kayu alami.

5. Bagus untuk Shutters

Jika dibandingkan dengan kayu solid, MDF tidak akan melengkung. Seperti pintu walaupun sering dibuka tutup akan tetap berfungsi dengan baik jika terbuat dari MDF. Sekarang Anda tahu bahwa tidak ada alasan untuk tidak menggunakan material ini. Mulai sekarang percantik interior rumah Anda dengan perabotan dari bahan MDF.

6. Hemat Biaya

Bahan inti MDF adalah serbuk gergaji dan serpihan kecil kayu lainnya. Ini semua adalah produk limbah yang dikumpulkan dari proses pemesinan yang membuat biaya material jauh lebih rendah daripada kayu lapis dan kayu solid.

7. Berbagai ukuran

Lembaran MDF tersedia dalam lebih dari 100 ketebalan yang berbeda, mulai dari 2mm hingga 60mm. Banyaknya pilihan yang tersedia memudahkan kita memilih ketebalan bahan sesuai kebutuhan.

8. Permukaannya Halus

Dengan proses tekanan dari pelat baja yang membuatnya memiliki permukaan yang sangat rata dan halus. Setelah lembaran dipotong sesuai ukuran, ujung-ujungnya tetap halus, sedangkan pada kayu solid atau kayu lapis, ujung-ujungnya bisa pecah atau berlubang karena simpul dan butiran alami di dalam kayu itu sendiri.

9. Bahannya Konsisten

MDF tidak memiliki serat didalamnya, tidak akan rusak ketika dipotong atau diukir, sehingga akan menghasilkan perabotan rumah yang sangat cantik dan elegan.

Rekomendasi Penggunaan Material MDF

 

Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang membuat sulit untuk menyatakan apakah yang satu lebih baik dari yang lain. Pada akhirnya, penting untuk menggunakan berbagai jenis bahan untuk berbagai kebutuhan di sekitar rumah Anda. Sebaiknya MDF digunakan untuk perabotan rumah tangga seperti lemari, rak dan dekorasi interior.

× KLIK untuk Whatsapp sales kami